5 Dampak Positif Iklan Berbayar Toko Online Terhadap SEO

5 Dampak Positif Iklan Berbayar Toko Online Terhadap SEO

Strategi pemasaran toko online dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik berbayar dan gratis. Penggunaan iklan berbayar merupakan salah satu metode yang kerap digunakan. Lewat iklan, seorang pebisnis online bisa mendatangkan calon konsumen dalam jumlah yang cukup banyak dan butuh jangka yang singkat.

Google Adwords dan Facebook Ads merupakan 2 platform iklan online yang saat ini begitu populer dipakai sebagai strategi pemasaran toko online. Google Adwords berjalan dengan menampilkan iklan dengan memanfaatkan kata kunci tertentu. Sementara itu, Facebook Ads menggunakan penentuan parameter tertentu untuk setiap kampanye iklan yang dijalankan.

Di sisi lain, SEO merupakan metode yang digunakan untuk menampilkan website pada halaman pencarian mesin pencari secara gratis. Setiap orang dapat melakukan SEO untuk bisa memperluas jangkauan bisnisnya di internet. Toko online yang melakukan teknik SEO sebagai sarana pemasaran, bisa mendapatkan manfaat yang tak kalah menguntungkannya dibandingkan iklan berbayar.

Strategi pemasaran toko online dengan iklan berbayar memang memungkinkan Anda untuk meningkatkan angka penjualan dalam waktu singkat. Sementara itu, SEO menjadi metode digital marketing yang mampu bertahan dalam jangka panjang dan dapat dilakukan dengan murah. Anda bisa memilih menggunakan salah satu ataupun kedua metode tersebut.

Ketika menggunakan kedua metode pemasaran toko online tersebut secara bersamaan, Anda akan menemukan fakta yang sangat menarik. Teknik SEO memungkinkan situs Anda bisa muncul dalam halaman utama hasil pencarian search engine. Di waktu yang bersamaan, penggunaan iklan berbayar juga memperlihatkan dampak positif terhadap SEO.

Ada 5 dampak positif penggunaan iklan berbayar terhadap SEO yang bisa Anda rasakan, yakni:

Link building

Dampak positif pemakaian iklan berbayar terhadap SEO yang pertama adalah terkait link building. Keuntungan ini secara khusus bisa Anda peroleh ketika menggunakan iklan berbayar di media sosial. Dari iklan tersebut, tautan menuju website Anda akan tersebar ke berbagai blog, forum, akun media sosial, dan sebagainya.

Seperti diketahui, link building merupakan faktor yang begitu penting dalam SEO. Semakin banyak tautan menuju website Anda, semakin tinggi pula poin yang diberikan oleh mesin pencari. Apalagi, ketika tautan tersebut bisa Anda peroleh secara natural.

Pemakaian iklan berbayar memang tak secara langsung meningkatkan jumlah tautan yang Anda miliki. Namun, penggunaan iklan memperbesar peluang Anda untuk mendapat tautan dari website lain. Apalagi, kalau konten iklan yang Anda gunakan memang bermanfaat dan berkualitas.

Meningkatkan rangking SERP

Posisi pertama dalam Search Engine Result Page (SERP) menjadi tujuan utama para pemilik website yang menggunakan SEO. Nah, posisi tersebut bisa Anda peroleh ketika menggunakan layanan iklan berbayar, contohnya seperti Google Adwords. Namun, Anda perlu mengetahui bahwa dampak iklan berbayar pada SEO tidak terjadi secara langsung.

Penetapan website yang ada dalam SERP dilakukan dengan memperhitungkan banyak faktor. Salah satu faktor penting yang menjadi perhatian mesin pencari dalam menempatkan sebuah situs di SERP adalah terkait traffic organik yang dimilikinya. Di sisi lain, pemakaian iklan berbayar dengan click trough rate (CTR) yang tinggi, memungkinkan Anda untuk mendapatkan poin tambahan untuk bisa tampil di SERP.

Sarana mengumpulkan kata kunci yang berkualitas

Penggunaan iklan berbayar seperti Google Adwords memberikan kesempatan kepada Anda untuk melakukan riset kata kunci secara efektif. Dari Google Adwords, Anda bisa menemukan data berupa kata kunci yang memiliki peluang besar adanya konversi. Artinya, kata kunci tersebut digunakan oleh orang-orang yang melakukan transaksi di situs Anda.

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan kata kunci tersebut sebagai bahan untuk meningkatkan SEO situs jual beli. Kata kunci ini pun memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan kata kunci lain. Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau kata kunci itu punya tingkat kompetisi yang sangat rendah.

Meningkatkan brand awareness

Penggunaan iklan, baik online ataupun offline, salah satunya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness. Dengan begitu, mereka yang sebelumnya tak pernah mengenal merek produk Anda, bisa jadi lebih tahu. Selanjutnya, reputasi merek produk Anda pun bisa tersebar luas lewat berbagai tautan di internet, baik forum, media sosial, ataupun website lain.

Jumlah mention produk yang semakin banyak, mampu meningkatkan peluang untuk mendapatkan traffic secara organik. Dalam kondisi seperti itu, tidak heran kalau akan mulai bermunculan pengguna internet yang mencari merek produk Anda lewat search engine. Seiring dengan jumlah pencarian yang terus bertambah, rangking situs Anda di mata mesin pencari akan meningkat.

Hanya saja, lagi-lagi brand awareness ini tak bisa secara langsung Anda rasakan manfaatnya. Para pengguna internet akan dengan sukarela menyebutkan merek produk ketika konten iklan yang dibagikan memang menarik dan benar-benar bermanfaat. Oleh karena itu, konten untuk iklan harus Anda persiapkan secara cermat sehingga berguna bagi audience.

Memastikan pemakaian kata kunci yang menghasilkan konversi

Selain dapat digunakan sebagai sarana untuk riset keyword, strategi pemasaran toko online lewat iklan juga dapat Anda gunakan untuk memastikan pemakaian kata kunci yang benar. Anda dapat saja melakukan pengetesan sebuah kata kunci melalui iklan. Dari situ, Anda bisa melihat performanya dalam waktu yang singkat.

Dengan cara ini, aktivitas pencarian kata kunci yang efektif untuk SEO bisa dilakukan dengan lebih singkat. Perlu Anda ketahui, membangun SEO secara organik, butuh waktu yang sangat panjang. Anda tak bisa melakukannya dalam hitungan hari, tetapi bisa butuh berbulan-bulan ataupun bahkan bertahun-tahun.

Demikianlah 5 manfaat penggunaan iklan berbayar sebagai salah satu strategi pemasaran toko online. Dengan penggunaan metode ini, Anda bisa memperoleh manfaat dalam jangka pendek sekaligus jangka panjang. Praktis, kan?