Elemen Penting yang Harus Ada di Header Web Toko Online

Elemen Penting yang Harus Ada di Header Web Toko Online

 

Memiliki toko online sendiri sangat menguntungkan. Dengan toko sendiri, bisnis terlihat lebih profesional, terpercaya, dan lebih leluasa mengatur isi beserta cara promosinya. Namun, ketika menggunakan jasa pembuat website profesional agar situs enak dipandang dan mudah diakses.

Namun, untuk membuatnya, Anda memerlukan bantuan desainer agar situs enak dilihat dan intuitif. Masalah akan timbul ketika Anda harus menjelaskan secara spesifik, apa yang diinginkan untuk website Anda.

1. Sekilas Tentang Header

Header merupakan judul web yang berada pada bagian atas setiap halaman. Keberadaannya lebih dari sekadar tempat meletakkan logo, melainkan bagian dari pengalaman pengguna terhadap situs Anda.

Desain header akan berbeda setiap situs, tetapi harus memenuhi fungsi penentu bagaimana situs dijelajahi. Header tidak selalu ditempatkan pada puncak situs, dapat juga ditempatkan di posisi lain yang dinilai lebih strategis.

Header berbeda dengan head atau kepala halaman. Header lebih pada area yang akan dilihat dan berinteraksi.

2. Fitur Umum dari Header

Ada sejumlah fitur pada header yang wajib dimiliki oleh setiap situs, termasuk di dalamnya web online store. Fitur ini sangat penting untuk pengguna menjelajahi dan mengidentifikasi situs web Anda.

Header dapat ditempatkan pada bagian atas halaman atau mengikuti viewpoint browser ketika Anda bergulir ke bawah. Keberadaan header ini memudahkan pengguna dengan cepat melakukan navigasi ke area lain dari situs tanpa scroll ke atas kembali.

Elemen header yang konsisten akan menjadikan website mudah digunakan. Desain web dapat dibuat dengan berbagai fitur yang tidak terbatas. Akan tetapi, untuk memudahkan navigasi, fitur-fitur penting ini harus ada pada header website Anda.

a. Logo / Identitas

Logo merupakan elemen penting untuk menaikkan branding situs Anda. Logo memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi situs sekilas, terutama jika pengguna membuka beberapa tab dalam satu peramban.

Bagi pengguna, logo berfungsi sebagai tanda bahwa mereka benar-benar berada di situs yang ingin dituju. Misalnya, jika berada di situs CNN, Anda tetap akan melihat logo tersebut di sudut kiri setiap halaman secara konsisten.

Logo tidak harus berupa gambar, dapat pula diganti dengan teks asalkan masih dapat mengidentifikasi situs web. Logo sebaiknya juga difungsikan sebagai tombol home yang akan membawa pengunjung ke halaman beranda dalam sekali klik.

Menautkan logo dengan beranda dilakukan agar situs Anda setara dengan web lain yang sudah memiliki reputasi, karena sebagian besar dari mereka menggunakannya.

b. Navigasi

Navigasi berfungsi memudahkan pengunjung menuju ke tempat-tempat yang mereka inginkan dengan cepat. Navigasi yang ramah akan menjadikan mereka nyaman dan betah berlama-lama di dalam situs Anda.

Dengan navigasi yang terdapat di dalam header, Anda tidak perlu menggulirkan kursor kembali ke atas jika ingin mencari halaman penting.

c. Menu

Menu dapat disusun dengan tatanan yang sederhana ataupun kompleks. Dapat disusun dengan tautan tunggal atau drop down yang meluas ke beberapa tingkat. Bentuk menu ini bebas tergantung pada kreativitas desainer.

d. Judul Halaman

Judul halaman umumnya ditempatkan pada bagian bawah logo dan area navigasi header. Judul memungkinkan pengunjung mengetahui bahwa mereka sedang berada di area yang mereka cari. Pastikan bagian ini ditulis dengan tampilan yang menarik dan mudah dibaca.

e. Pencarian atau Search Box

Kolom pencarian memudahkan pengunjung mencari konten tertentu di dalam situs Anda. Kolom ini biasa ditempatkan di sebelah menu utama atau di sudut kanan atas. Menggunakan fitur pencarian, pengunjung bisa mencari produk yang diinginkan dengan cepat.

f. Link Menuju Shopping Cart

Setiap website toko idealnya mempunyai titik akses ke keranjang belanja di lokasi yang sama, yaitu sudut kanan atas setiap halaman. Elemen ini berfungsi membantu konsumen mengakses keranjang belanja setiap kali selesai memilih dan siap membeli barang.

Dengan demikian mereka dapat langsung menuju ke keranjang belanja tanpa harus mengakses menu lain terlebih dahulu.

g. Log Masuk dan Keluar

Situs online shop perlu memiliki fitur masuk atau keluar bagi anggota yang ditempatkan pada bilah header. Tombol masuk atau log out disarankan berdiri sendiri dan langsung muncul ketika pengunjung mengetik alamat situs Anda.

Di samping ketujuh hal di atas, header web dapat ditambahkan dengan fitur opt in. Fitur ini merupakan area untuk pengunjung memasukkan alamat email mereka. Opt in sangat membantu bagi pebisnis yang ingin membangun data base guna strategi pemasaran lainnya.

3. Tips Mendesain Header Web

Header web sangat penting karena merupakan bagian yang akan dinilai oleh pengguna mengenai situs Anda. Header web idealnya didesain dengan tampilan unik dan memiliki fitur lengkap sehingga pengunjung senang berada di dalamnya.

Sebelum menempatkan elemen header, perhatikan cara membuatnya yaitu:

a. Memilih Desain yang Simpel

Desain header perlu dibuat sederhana dan tidak rumit. Yang terpenting layout website toko online dapat memberikan kesan minimalis agar produk yang dijual mudah terlihat.

b. Halaman yang Terstruktur dengan Jelas

Ketika membuat header, pastikan halaman tersusun teratur. Letakkan judul pada bagian paling atas, kemudian disusul dengan konten di bawahnya. Lalu navigasi di bagian samping maupun bagian atas.

c. Pilihlah Background Polos

Berikan warna latar belakang putih atau krem dan warna-warna pastel memberikan kesan enak dipandang dan bersih. Jika tidak diperlukan, hindari meletakkan gambar background, ikon, dan tulisan agar tidak mengganggu tampilan.

Berikan informasi secukupnya pada header. Usahakan header terlihat bersih sehingga pengunjung nyaman melihat tampilannya.

Itulah elemen penting yang harus ada di dalam header toko online. Jika tidak mendesain sendiri, berikan deskripsi spesifik kepada desainer tentang header yang Anda inginkan.