6 Alasan Toko Online Menerapkan Program Free Shipping

toko online free shipping

 

Semakin berkembangnya bisnis melalui internet, banyak toko online yang menawarkan pengiriman gratis. Hal ini sangat wajar, mengingat tingkat persaingan online shop sangat tinggi. Anda dituntut untuk lebih kompetitif dan inovatif.

Kendati banyak cara lain untuk menggaet konsumen, tetapi promo gratis ongkos kirim memiliki efek yang sangat signifikan. Dengan adanya program gratis ongkos kirim, pembeli tidak akan segan membelanjakan uangnya di toko Anda.

Mengapa Toko Online Menerapkan Program Gratis Ongkir?

Mengapa sebagian besar pemilik situs belanja online menawarkan program gratis ongkos kirim? Jika dilihat sekilas, program ini tampak merugikan Anda sebagai penjual. Sementara di sisi lain, sangat menguntungkan konsumen.

Faktanya, program gratis ongkos kirim sama-sama menguntungkan kedua belah pihak. Dengan catatan, bahwa program tersebut diterapkan dengan bijaksana. Jika tidak, bukan keuntungan yang Anda dapatkan, melainkan kerugian.

Lantas, apa sebenarnya alasan online shop menerapkan program gratis ongkos kirim? Berikut uraiannya.

a. Meningkatkan Penjualan

Alasan utama program free shipping sudah jelas, yakni untuk meningkatkan penjualan. Menurut data survei yang dirilis Lab42, 96 persen konsumen cenderung berbelanja di toko yang menawarkan pengiriman gratis.

Sementara data yang dirilis ComScore menyatakan bahwa 58 persen pembeli akan menambah jumlah item ke dalam keranjang belanja, hanya agar memenuhi syarat pengiriman gratis.

Singkatnya, penawaran gratis ongkir dapat meningkatkan penjualan secara signifikan. Bahkan tak jarang melebihi ekspektasi Anda.

b. Mengurangi Pengabaian Keranjang Belanja

Anda tentu menyadari bahwa banyak kasus pengabaian keranjang yang dilakukan oleh calon pembeli. Mahalnya ongkos kirim menjadi alasan terkuat calon pembeli tidak melanjutkan transaksi hingga pembayaran.

Dengan menerapkan program free shipping, Anda dapat menurunkan tingkat pengabaian keranjang. Secara otomatis, penghasilan Anda akan meningkat. Anda pun lebih mudah meraih target yang telah ditentukan.

c. Meningkatkan ARPU

Pengiriman gratis juga dapat meningkatkan Average Revenue Per User (ARPU), pendapatan rata-rata per pengguna. Selain itu, program ini pun membantu toko Anda agar tak kalah saing dengan bisnis serupa yang ditawarkan oleh kompetitor.

d. Meningkatkan Loyalitas

Tujuan utama program free shipping adalah keuntungan, sedangkan hasilnya adalah kesetiaan pelanggan. Pengiriman gratis, apa pun bentuknya, sangat efektif mengarahkan pelanggan kembali ke toko Anda.

e. Memperluas Pangsa Pasar

Satu lagi alasan pemilik toko online menerapkan free shiping, yakni untuk memperluas pangsa pasar. Jika sebelumnya, target market Anda hanya di wilayah A hingga C, maka setelah pengiriman gratis diterapkan bertambah hingga wilayah G.

Dengan kata lain, hanya dengan memberikan gratis ongkos kirim, calon konsumen akan bertambah. Tidak hanya di perkotaan saja, melainkan hingga ke berbagai daerah dan pelosok desa.

Semakin luas pangsa pasar, semakin besar pula kemungkinan untuk meraih penghasilan tanpa batas. Tak heran jika sebagian besar pebisnis yang menerapkan program gratis ongkos kirim berhasil menjadi jutawan dalam waktu yang relatif singkat.

Tips Menerapkan Free Shipping Agar Tidak Rugi

Kendati menguntungkan, tetapi program pengiriman gratis bukan tanpa risiko. Jika Anda salah menetapkan kebijakan, Anda bisa merugi hingga gulung tikar. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk menerapkan sejumlah tips gratis ongkos kirim berikut ini.

1. Cari Jasa Pengiriman Termurah

Carilah ekspedisi yang menawarkan tarif lebih murah dibandingkan dengan jasa serupa. Jalin kerja sama dengan pihak ekspedisi sehingga Anda bisa mendapatkan harga khusus.

Pilih pengiriman paket regular karena biayanya lebih murah daripada paket kilat atau ekspres. Namun, pastikan untuk memilih jasa pengiriman yang selalu mengutamakan kualitas.

2. Terapkan Batas Minimum Pembelian

Untuk meminimalisasi kerugian, terapkan syarat pembelian. Misalnya, gratis pengiriman dengan pembelajaan senilai Rp1.000.000,00 atau pembelian minimal 12 item. Selain menguntungkan pembeli, cara ini sangat ampuh mendongkrak angka penjualan toko Anda.

3. Pengiriman Gratis untuk Sebagian Produk

Anda tidak wajib memberikan promo free shipping untuk seluruh jenis produk. Berikan pengiriman gratis hanya untuk sebagian produk saja. Misalnya, bebas biaya kirim untuk pembelian produk X, sedangan pembelian produk Y mendapatkan diskon 5 persen.

Cara tersebut dapat membuat calon konsumen tertarik membeli dua jenis produk sekaligus, yakni X dan Y. Anda pun dapat menerapkan metode ini untuk memperkenalkan produk baru atau menghabiskan stok produk yang kurang begitu laku di pasaran.

4. Gratis Ongkor Kirim di Wilayah Tertentu

Tak sedikit pemilik bisnis online yang merugi lantaran memberikan gratis ongkir ke seluruh Indonesia, tanpa menerapkan syarat dan ketentuan. Sebaiknya, hindari hal ini jika Anda tidak ingin mengalami kejadian yang sama.

Cukup tawarkan pengiriman gratis di wilayah tertentu, misalnya bebas biaya kirim untuk wilayah A hingga G dan subsidi ongkos kirim sebesar Rp10.000,00 untuk pembeli yang berada di luar wilayah yang telah ditetapkan.

5. Bebas Biaya Kirim di Waktu Tertentu

Anda pun dapat menerapkan program free shipping khusus di waktu tertentu. Misalnya saat Harbolnas, lebaran, Hari Kemerdekaan, atau tahun baru. Bisa juga dengan memberikan gratis ongkos kirim setiap pembelian di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

6. Free Shipping Hanya untuk Metode Pembayaran Tertentu

Selain cara di atas, masih ada satu cara lagi yang dapat Anda terapkan, yakni menawarkan pengiriman gratis hanya untuk metode pembayaran tertentu. Misalnya, bebas biaya kirim untuk pembelian dengan akun Paypal atau free shipping khusus pengguna kartu kredit.

Itulah sejumlah alasan toko online menerapkan program free shipping beserta dengan sejumlah tips yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Semoga bermanfaat.